Followers

Rabu, 15 Maret 2017

IAD 3

TUGAS III
PENGERTIAN IAD

IAD mempermasalahkan struktur dan berlangsungnya dunia alam, dimana manusia pun dianggap sebagai bagian dari alam itu sendiri. Dan lingkungan hidup meliputi sejumlah kondisi ekstern di sekitar organisme yang ikut serta secara dekat mempengaruhi kehidupan dan perkembangan organisme yang bersangkutan (Ati Harmoni, 1992:2).

Berikut adalah pengertian Ilmu Alamiah Dasar menurut para tokoh :
  • ·         Menurut Maskoeri Jasin, dalam bukunya yang berjudul Ilmu Alamiah Dasar yang diterbitkan Pt Raja Grafindo Persada, beliau menyatakan bahwa “Ilmu Alamiah merupakan kegiatan manusia yang bersifat aktif dan dinamis artinya kegiatan manusia yang tiada hentinya dari hasil perkembangan konsep, selanjutnya dari konsep itu mendorong melakukan percobaan berikutnya dan seterusnya.”
  • ·         Menurut H. W. Folwer dalam bukunya “Science” in Education, Ilmu Alamiah atau biasa disebut IPA yaitu ilmu yang sistimatis dan dirumuskan, yang berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan dan didasarkan atas pengamatan dan induksi.
  • ·         Menurut H. Abau Ahmadi dan A. Supatmo, dalam bukunya SAP Ilmu Alamiah Dasar menyatakan Ilmu Alamiah yaitu suatu pengetahuanteori yang diperoleh dengan cara khas khusus, yaitu melakukan observasi eksperimen, penyimpulan, penyusunan teori, eksperimentasi, observasi dan demikian seterusnya kait mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain.


Jadi, menurut saya Ilmu Alamiah Dasar adalah ilmu pasti yang mempelajari segala sesuatu  dan gejal-gejala yang terjadi secara alamiah melalui pengamatan, observasi, dan eksperimen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar