Followers

Minggu, 16 April 2017

ENERGI

TUGAS IAD II
ENERGI
Pengertian Energi
Energi dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk melakukan usaha.
Macam – macam Energi dan contohnya
·        Energi kimia
     makanan merupakan energi kimia, karena zat-zat kimia yang terkandung di dalam makanan dan minuman tersebut dapat menghasilkan energi kimia karena di dalam tubuh kita sebenarnya terjadi reaksi kimia yang mengubah zat-zat yang terkandung dalam makanan menjadi energi. Gas, bensin, solar juga merupakan sumber energi kimia.
·        Energi Listrik
    contoh energi listrik adalah saat kita menonton televisi atau mendengarkan radio karena alat elektronika tersebut mendapat energi dari energi listriki.
·        Energi Panas
  
energi panas sering disebut juga energi kalor , merupakan salah satu bentuk energi yang berasal dari partikel-partikel penyusun suatu benda. Contoh energi panas yaitu zaman dulu orang membuat api dengan menggosok-gosokkan kayu kering.
·        Energi Bunyi
  
energi bunyi dapat dihasilkan oleh getaran partikel udara di sekitar sumber bunyi. Contohnya mistar yang digetarkan dapat menimbulkan bunyi.
·        Energi Nuklir
  
reaksi nuklir terjadi karena reaksi inti di dalam inti radioaktif. Contoh energi nuklir terjadi pada ledakan bom atom dan reaksi inti yang terjadi di matahari.
Energi Mekanik
a. Energi Potensial
  
Energi potensial adalah energi yang disebabkan oleh posisi benda. Pada kasus ini, posisi benda adalah ketinggian diukur dari lantai. Semakin besar ketinggian batu dari lantai, semakin besar pula energi potensial yang dimiliki batu tersebut. Energi potensial juga dipengaruhi oleh massa benda. Kita akan mendengar bunyi lebih keras ketika menjatuhkan sebongkah batu yang massanya lebih besar daripada bunyi yang dihasilkan oleh jatuhnya batu kecil.
                        Ep = m x g x h
ket : Ep = energi potensial (joule)
        m = massa benda (kg)
        g = percepatan gravitasi (m/
)
        h = ketinggian (m)
b. Energi Kinetik
  
energi kinetik dapat didefinisikan sebagai energi yang dimiliki sebuah benda karena kelajuannya. Contohnya pada kasus peluru yang keluar dari senapan, dapat disimpulkan bahwa besar energi kinetik bergantung pada masa benda dan kecepatannya.
                        Ek =
 x m x
ket : Ek = energi kinetik (joule)
        m   = massa (kg)
        v = kelajuan (m/s)
 Sumber :
Irianto, S. Y., & Wasis. (2008). Ilmu pengetahuan alam SMP. Jakarta : PT.Gramedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar