Followers

Rabu, 06 November 2019

#SIP Evolusi Sistem Informasi Berbasis Computer



B. Evolusi CBIS 

Bagaimana Evolusi CBIS??

Developer character  developer gif animation flat     Setelah sebelumnya diatas kita udah kenalan sama istilah CBIS, kini udah ada gambaran kan di benak kalian kalau ditanya "CBIS itu apa?". Satu hal yang kita tau bahwa teknologi berkembang sangat amat pesat, evolusi perkembangan sistem informasi berbasis komputer atau yang dapat kita sebut "Evolusi CBIS" memiliki beberapa tahap. So, kita lanjut ke pembahasan mengenai Evolusi CBIS biar semakin banyak lagi pengetahuan kita tentang CBIS ini.



     Menurut Karmana (2007), Evolusi adalah proses perubahan yang terjadi secara berangsur-angsur dalam kurun waktu yang lama. Selanjutnya, menurut Umar (2005), Evolusi sistem informasi berbasis komputer adalah yang tahapannya memperhatikan perkembangan kemajuan teknologi sistem informasi sekaligus pemanfaatannya oleh orang-orang yang berkepentingan dalam perusahaan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa "Evolusi CBIS" merupakan proses perubahan yang terjadi dalam tahan perkembangan sistem informasi berbasis komputer.

     Berikut merupakan pemaparan evolusi tahap perkembangan CBIS :

  • Fokus Data atau Sistem Informasi Akuntansi (SIA/EDP),
         Selama paruh pertama abad dua puluh, saat punched card dan keydriven bookkeeping machines berada dalam masa jayanya, perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya. Praktek ini diteruskan dengan komputer generasi pertama yang terbatas untuk aplikasi akuntasi. Nama yang diberikan untuk aplikasi awal akuntansi komputer ini adalah pengolahan data elektronik (electronic data processing) atau EDP. Estilah EDP tidak lagi popular, dan digantikan dengan dengan istilah Sistem Informasi Akuntansi/SIA (Suryana, 2012).
         Menurut Gaol (2008), SIA merupakan suatu rangkaian yang berkaitan satu sama lain untuk mendapatkan informasi dari sebuah perusahaan untuk melakukan proses pencatatan akuntansi. SIA menghasilkan beberapa output informasi dalam bentuk laporan akuntansi standar dan menyediakan database yang lengkap untuk digunakan dalam pemecahan masalah. Contohnya yaitu saat tindakan berlangsung dan transaksi terjadi, data dimasukkan ke dalam basis data.
    Elemen SIA/EDP menurut James Hall (2001) yaitu
    - Hardware 
    - Software
    - Database
    - Procedures
    - Personal Brainware

  • Fokus Informasi atau Sistem Informasi Manajemen (SIM),
         Menurut Gaol (2008), SIM merupakan sistem informasi yang digunakan untuk menyajikan informasi yang digunakan untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi supaya organisasi memiliki informasi yang bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen. Tugas SIM yaitu bertanggungjawab dalam menyediakan informasi untuk seluruh manajer perusahaan dalam bentuk laporan berkala, laporan khusus, dan keluaran bentuk matematika.
    Menurut Djahir dan Pratita (2014), SIM memiliki beberapa karakteristrik, yaitu :
         1. Beroperasi pada tugas-tugas yang terstruktur
         2. Meningkatkan efisiensi dengan mengurangi biaya
         3. Menyediakan laporan dan kemudahan akses yang berguna untuk pengambilan keputusan
    Elemen SIM menurut Davis (dalam Gaol, 2008) yaitu :
    - Hardware
    - Software
    - Procedures
    - Database
    - Model

  • Fokus pada Pendukung Keputusan (SPK),
         Menurut Gaol (2008), SPK merupakan suatu sistem interaktif yang mendukung keputusan dalam proses pengambilan keputusan melalui alternatif-alternatif yang diperoleh dari hasil pengolahan data, informasi dan rancangan model. Contohnya yaitu para manajer dapat membuat keluaran (output) untuk masalah khusus berkenaan dengan kualitas. 

  • Fokus pada Komunikasi (Otomatosasi Kantor),
         Menurut Gaol (2008), OA yaitu menyediakan kemampuan telekomunikasi untuk orang-orang di dalam perusahaan dan memampukan mereka untuk berkomunikasi di antara mereka sendiri dengan para penyalur, serta para pelanggan di lingkungan perusahaan. e-mail, voice mail, faksimile dapat memenuhi kebutuhan ini dengan baik.
    Empat kategori pengguna OA menurut Umar (2005) yaitu :
    - Manajer, mengelola sumber daya perusahaan
    - Profesional, menyumbangkan keahlian khusus
    - Sekretaris, membantu pekerja terdidik untuk melaksanakan bergabai tugas
    - Pegawai Administrasi, melaksanakan tugas untuk sekretaris

  • Fokus Konsultasi (Sistem Pakar),
         Saat ini sedang berlangsung gerakan untuk menerapkan kecerdasan buatan (artificial intelligence), atau AI, bagi masalah-masalah bisnis. Ide dasar AI adalah bahwa komputer dapat diprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia, dalam hal ini sistem pakar mendapat perhatian paling banyak (Suryana, 2012).
         Menurut Gaol (2008), Sistem Pakar adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, perusahaan dapat menggunakan kecerdasan buatan untuk meraih suatu pengetahuan dan menjadi ahli dalam pengetahuan tersebut serta untuk lebih mencakapkan para pegawai pada bentuk sistem informasi. 
    Komponen Sistem Pakar :
    - User Interface, digunakan untuk pemakai berinteraksi dengan sistem pakar
    - Knowledge Base, berisi domain pengetahuan yang berisi fakta
    - Inference Engine, memberikan penalaran berdasarkan knowlegde base
    - Development Engine, untuk mengolah sistem pakar.
     Akhirnya kita sudah mendapat pengetahuan baru tentang Evolusi CBIS dan tahap-tahapnya, yaitu SIA/EDP, SIM, SPK, OA, dan Sistem Pakar. Nah, agar semakin mantap pembelajaran kita tentang evolusi CBIS ini yuk simak video singkat yang saya dapat dari YouTube (Kartiko Abimanyu) ini. Video ini akan menjelaskan secara singkat tentang Evolusi CBIS dan contoh penerapannya dalam kebhidupan sehari-hari... selamat menyaksikan! 👀


Referensi :
Djahir, Y., & Pratita, D. (2014). Bahan ajar sistem informasi manajemen. Yogyakarta : Deepublish.
Gaol, C. J. L. (2008). Sistem informasi manajemen. Jakarta : Grasindo.
Karmana, O. (2007). Cerdas belajar biologi. Bandung : Grafinso.
Umar, H. (2005). Riset pemasaran dan perilaku konsumen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Suryana, D. (2012). Mengenal teknologi. Bandung : Gramedia Pustaka Utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar