Followers

Rabu, 06 November 2019

#SIP Pengertian Sistem Informasi Berbasis Komputer (CBIS)



Hallo...Salam Sejahtera bagi para pembaca sekalian 😊,
Pada blog kali ini kita akan membahas mengenai CBIS, yaitu pengertian dari CBIS, Evolusi CBIS, dan Lingkup Data.Mungkin sebagian dari kita baru pertama kali denger atau mungkin sudah tidak asing dengan istilah tersebut.  Mari siapkan hati dan pikiran kita agar apa yang dibaca dapat berguna untuk menambah pengetahuan baru buat kita yang masih awam seputar bidang teknologi...
Yuk kita simak! 👇

Image result for gif telekomunikas cbis

A. Pengertian Sistem Informasi Berbasis Komputer (CBIS)


Sistem Informasi?
     Sebelum membahas sistem informasi berbasis komputer/CBIS ada baiknya kita harus mengetahui apa itu sistem informasi. Menurut Turban, McLean, dan Wetherbe (dalam Khairunnisa, 2012), Sistem informasi adalah sebuah sebuah sistem informasi yang mempunyai fungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik (Rukun & Hayadi, 2018).


Apa itu CBIS?
Image result for gif telekomunikas cbis
     Sebelumnya apakah kalian pernah mendengar tentang CBIS? Pada bab sebelumnya kita sudah membahas mengenai Sistem Informasi Psikologi yang merupakan perpaduan dari Sistem Informasi dan Ilmu Psikologi. Nah, jika SIP merupakan gabungan sistem informasi dan ilmu psikologi, berbeda halnya dengan CBIS yang merupakan gabungan antara sistem informasi dengan komputer. Dalam CBIS komputer sangatlah berperan penting dalam sebuah sistem informasi.

     Menurut Al-Fatta (2007), Istilah Computer Based Information System (CBIS) sebenarnya mengacu pada sistem informasi yang dikembangkan berbasis teknologi komputer.
     Menurut Laudon dan Laudon (2008), CBIS merupakan sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan dimana komputer memainkan perananan penting dalam sebuah sistem informasi. 

     Menurut Roharjana (2017),  CBIS merupakan kumpulan dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), pangkalan data (database), telekomunikasi, manusia, dan prosedur yang dikonfigurasikan untuk mengumpulkan, memanipoulasi, menyimpan, dan memproses data menjadi informasi.
     Menurut Rukun dan Hayadi (2018), CBIS merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. 
     Menurut penjelasan tokoh-tokoh di atas mengenai CBIS, dapat kita simpulkan bahwa CBIS merupakan sebuah sistem informasi dimana komputer berperan sebagai dasar dari sebuah sistem informasi tersebut sehingga menghasilkan sebuah informasi yang efisien.

👉CBIS = Hardware + Software + People + Procedures + Information👈

     Menurut Stair (1992, dalam Al-Fatta 2007), sistem informasi berbasis komputer (CBIS) dalam suatu organisasi terdiri dari komponen-komponen berikut :
  1. Perangkat Keras, untuk melengkapi, memproses, dan keluaran data.
    Related image
  2. Perangkat Lunak, yaitu program atau instruksi yang diberikan
    Related image
  3. Database, kumpulan data yang mudah diakses pengguna sistem informasi.
    Image result for gif database
  4. Telekomunikasi, menghubungkan pengguna sistem dengan sistem komputer dalam jaringan yang efektif
    Image result for gif telekomunikas cbis
  5. Manusia, yaitu personel dari sistem informasi (programmer, operator, manajer)
    Image result for gif people
  6. Prosedur, yaitu tata cara yang meliputi strategi, kebijakan, metode, dan peraturan-peraturan dalam menggunakan CBIS.
    Coding Sticker
Tipe-tipe aplikasi CBIS dibedakan menjadi empat (Al-Fatta, 2007), yaitu :
  1. Transaction Processinhg Systems
  2. Management Information Systems
  3. Decision Support Systems
  4. Expert System and Artificial Intelligence
Keempat tipe aplikasi CBIS tersebut akan dijelaskan pada bab selanjutnya, sekarang cukup kenalan dulu sama istilah-istilahnya aja yaaa 😃

     CBIS berkembang dengan pesat pada era globalisasi ini. Penggunaan CBIS dalam kehidupan sehari-hari sudah sering kita jumpai, misalnya dalam bidang pendidikan kita dapat dengan mudah mencari sumber belajar dari e-book sehingga tidak perlu membeli buku dalam bentuk fisik. Dalam transaksi pun kita dimudahkan oleh CBIS seperti pemanfaatan e-commerce sehingga kita dapat belanja tanpa cape-cape datang ke toko. Berikut merupakan contoh penggunakan CBIS dalam kehidupan sehari-hari yang saya temukan di YouTube




Referensi :
Al-Fatta, H. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing                         perusahaan dan organisasi modern. Yokyakarta : ANDI.
Laudon, J. P., & Laudon, K. C. (2008). Sistem informasi manajemen edisi 10. Jakarta : Salemba                   empat.
Roharjana, I. K. (2017). Pengembangan sistem informasi menggunakan metodologi                                       agile.  Yogyakarta : Deepublish.
Rukun, K., & Hayadi, H. (2018). Sistem informasi berbasis expert system. Yogyakarta : Deepublish.

1 komentar: